--> Skip to main content

Jalan Raya Paling Ekstrim di Dunia

Yungas Road Bolivia
Yungas Road Bolivia

Anda suka jalan-jalan, bertamasya, atau mengunjungi tempat-tempat yang jauh? Jika ya, pasti Anda akan menemui banyak variasi jalan yang berbeda dalam perjalanan-perjalanan itu. Beberapa diantaranya adalah jalan mulus dengan pemandangan indah dan fasilitas yang lengkap. Namun bisa jadi beberapa jalan justru membuat bulu kuduk Anda berdiri karena kondisinya yang rusak parah, menikung, atau sangat gelap.


Berbicara mengenai jalan yang membuat bulu kuduk berdiri merinding, ada beberapa jalan raya paling berbahaya di dunia yang sudah dikenal mengerikan dan jangan sampai Anda lewati. Berikut ini Daftar Jalan Raya berbahaya versi Berita Otomotif Indonesia yang dirangkum dari berbagai sumber.

Daftar 3 Jalan Raya Paling Berbahaya di Dunia

Setidaknya, terdapat 3 jalan raya paling berbahaya di dunia yang sudah terkenal dan memakan puluhan bahkan ratusan nyawa tiap tahunnya. Nah, jika Anda sering merasa kesal dengan kondisi jalan di Indonesia yang kondisinya parah atau macet, silahkan Anda cek jalan-jalan terekstrim ini. Pasti setelahnya, Anda akan merasa lebih bersyukur ada di Indonesia dengan kondisi jalan yang rata-rata (rata-rata rusaknya). Berikut ini daftar jalan raya paling berbahaya di dunia :

Jalur Kematian Bolivia (The Death Road of Bolivia), Jalur Sempit Penuh Sesak
Ya, nama jalan ekstrim satu ini adalah jalur kematian. Wah, bahkan dari namanya jalan ini sudah terlihat keekstrimannya. Jalur pegunungan yang terletak di daerah La Paz menuju Corioco (ibukota Bolivia) ini sebenarnya bernama resmi Yungas Road. Jalur Yungas ini adalah jawara dari jalan raya paling berbahaya di dunia karena setiap tahunnya menyebabkan kematian 200-300 orang.
Padat dan Sempitnya Jalan Yungas Road Bolivia
Padat dan Sempitnya Jalan Yungas Road Bolivia


Secara fisik, jalan ini sudah tampak curam dengan posisinya yang menjalar sepanjang sisi jurang. Lebih parahnya lagi, jalan ini adalah salah satu jalan ramai karena menjadi penghubung utama kota La Paz dengan ibukota. Banyak mobil-mobil besar rawan longsor ke dalam jurang jika tengah bersinggungan dengan mobil lainnya. Untungnya, jalan raya paling berbahaya di dunia ini kini sudah tidak seramai dulu. Pada tahun 2006 kemarin, telah dibangun jalur By Pass guna menjadi jalur alternatif dan membuat ruang jalur Yungas menjadi lebih lega.

Rute 5: Jalur Dari Arica Menuju Iquique (Chile), Jalur Tinggi Berangin Ekstrim
Apakah yang menyebabkan jalur Arica-Iquique yang berada di negara Chile ini masuk dalam daftar jalan raya paling berbahaya di dunia? Meskipun jalan ini tergolong lebar dan beraspal halus merata, namun jalur rute 5 ini terletak di dataran tinggi Chile yang berangin kencang setiap tahun. Untuk Anda yang mengendarai mobil kecil berbobot ringan, sangat tidak disarankan untuk mengendarai mobil Anda di jalan ini karena bisa saja oleng tertiup angin kencang yang melintas. Tantangan terbesar dan sering memakan nyawa adalah ketika ada dua mobil saling salip, salah satu mobil yang lebih kecil akan mengalami tekanan angin berlipat dan terguling. Akibatnya, kecelakaan seringkali tidak bisa dihindari di jalur berangin ekstrim ini.

Suasana Sunyi Jalan Arica – Iquique Chile
Arica – Iquique Road Chile



Jalan Raya James Dalton, Alaska, Jalur Dingin Berbatu Penuh Debu
Jalur terekstim ketiga diambil dari sebuah jalan raya di negara Alaska bernama James Dalton Highway dengan panjang 667 km dimulai dari  Elliott Highway, north of Fairbanks, dan berakhir di Deadhorse dekat dengan laut  Artic. Dengan kondisi jalan yang terletak di negara bagian paling dingin dari bumi ini, James Dalton menjadi salah satu dari jalan raya paling berbahaya di dunia. Pasalnya, jalur besar yang menjadi penghubung antara Alaska sampai kutub utara ini tidak bisa diaspal, jadi hanya dilapisi dengan batu-batu kecil. Anda tidak bisa melewati jalan ini dengan mobil biasa selain mobil 4WD, karena ban dan body mobil tidak akan tahan dengan tekanan yang disebabkan oleh batu dan rawan koyak.

Gambar Daftar Jalan Paling Berbahaya dan Menyeramkan di Dunia


Pemandangan Indah Nuansa Biru James Dalton Highway Road
Jika Anda merasa tertantang dan sungguh ingin mencoba melewati jalur ini, disarankan Anda mempersiapkan dahulu beberapa ban serep dan bekal yang cukup, karena selain penuh batu dan debu, jalur ini juga sangat sepi. Jalan Raya James Dalton merupakan jalan raya paling berbahaya di dunia yang sangat terkenal di negara Alaska dan dihindari untuk tidak sampai melewatinya jika bukan karena terpaksa.

Jalan raya paling berbahaya di dunia sebaiknya dihindari untuk tidak sampai dilewati tapi jika memang harus dilewati akan memerlukan kemampuan mengemudi yang mumpuni. Beberapa jalan bahkan sudah terkenal dan memakan puluhan bahkan ratusan nyawa tiap tahunnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar